Sabtu, 12 Februari 2011

Raja Yosia

Apabila ada pertanyaan "SIAPAKAH TOKOH FAVORITMU DI DALAM PERJANJIAN LAMA?" Mungkin sebagian besar akan menjawab Musa. Karena orangnya luar biasa. Mungkin juga ada yang menjawab Daud. Mungkin juga Daniel. Ataupun Simson. Bahkan Yunus.Karena pernah tinggal di dalam perut ikan. Dan semuanya itu tidak salah. Karena Memang mereka semua adalah tokoh-tokoh di dalam Perjanjian Lama.

Tetapi seandainya pertanyaan itu dilontarkan kepada saya, saya akan menjawab "RAJA YOSIA" (2 Taw 34:1-7).Saya sangat suka sekali kepada Raja Yosia, karena kehidupannya benar-benar luar biasa. Bayangkan saja, umur 8 tahun dia sudah menjadi raja (2 Taw 34:1), 



34:1    Yosia berumur delapan tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga puluh satu tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem.

dan umur 16 tahun, ketika masih muda belia, dia sudah mencari Tuhan (2 Taw 34:3). 

34:3    Pada tahun kedelapan dari pemerintahannya, ketika ia masih muda belia, ia mulai mencari Allah Daud, bapa leluhurnya, dan pada tahun kedua belas ia mulai mentahirkan Yehuda dan Yerusalem dari pada bukit-bukit pengorbanan, tiang-tiang berhala, patung-patung pahatan dan patung-patung tuangan. 

Kalau dikaitkan dengan kehidupan sekarang, umur 16 tahun berarti raja Yosia masih kelas 1 SMA. Wah...bertolak belakang sekali dengan kehidupan saya waktu saya masih kelas 1 SMA.Kalau raja Yosia mencari Tuhan, kalau saya........jauh dari Tuhan. Jangankan mencari Tuhan, membayangkan saja malas. Apalagi kalau sudah pulang sekolah. Yang kepikiran cuma makan, main nintendo, tidur, bangun, mandi, jalan, mejeng di mall, pulang, bobok, bangun, sekolah. Terus di sekolah malas belajar, kalau ulangan sudah pasti nyonteknya, kalau malas denger pelajaran pasti kabur ke kantin, kalau jam istirahat kerjaannya cuma godain cewek, dsb...dsb...Jauh...jauh sekali dengan kehidupan raja Yosia.

Karena itu saya sangat senang sekali dengan kehidupan raja Yosia. Salut...Ini cuma gambaran kehidupan saya saja dibandingkan dengan kehidupan raja Yosia waktu itu.

GBU all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar